Language

Jumat, 21 Oktober 2011

TIK Microsoft Word 2003

A. Tentang Microsoft Word


Microsoft Word adalah sebuah program aplikasi yang digunakan untuk pengolahan kata. Dengan Microsoft Word, dengan mudah kita dapat mengolah sebuah dokumen dan mencetaknya.
Untuk memulai Microsoft Word, lakukan langkah berikut: Klik Start  Programs  Microsoft Office  Microsoft Office Word 2003. Atau klik ganda pada ikon Microsoft Word pada Desktop.

Akan tampil lingkungan kerja dari Microsoft Word. Microsoft Word dibagi menjadi beberapa bagian, seperti yang diperlihatkan pada gambar di bawah ini.

B. Title Bar

Title bar adalah batang yang menampilkan judul dari program yang sedang berjalan.

Pada title bar ditampilkan pula ikon program di sudut kiri –yang jika diklik kanan akan menampilkan menu popup “control menu”- dan tiga buah control command (minimize, maximize/restore dan close). Command Minimize digunakan untuk menyembunyikan program dan menyimpan pada task bar dengan bentuk tombol (button). Maximized digunakan untuk mengubah tampilan ukuran program satu layar monitor. Close digunakan untuk menutup program aplikasi.

C. Menu Bar

Menu bar adalah batang tempat menyimpan menu-menu utama dari program.

Menu adalah kumpulan perintah yang digunakan untuk suatu tujuan tertentu, seperti membuka, menyimpan, menutup dan sebagainya. Menu dilengkapi dengan sebuah huruf yang dapat dijadikan sebagai jalan pintas untuk memanggil menu tersebut melalui tombol pada keyboard. Contoh pada menu File, tampak huruf “F” diberi tanda garis bawah. Ini berarti huruf “F” adalah jalan pintas untuk memanggil menu File. Memanggil menu yang dilengkapi huruf shortcut, dengan cara: tekan tombol Alt pada keyboard, kemudian tekan huruf shortcut tersebut. Gunakan tombol atau pada keyboard, untuk memilih sub-sub menu dari menu utama tersebut. Untuk memilih atau menggunakan sebuah sub menu, tekan tombol Enter pada keyboard. Untuk menghilangkan fokus dari sebuah menu utama, tekan tombol Esc dari keyboard.

D. Tool Bar

Tool bar adalah batang yang menampung ikon-ikon untuk jalan pintas dari pemanggilan sebuah menu tertentu.
Contoh untuk perintah menyimpan dokumen, Anda tidak perlu mengklik menu File kemudian Save, tapi cukup dengan mengklik tombol bergambar disket pada tool bar.

E. Ruler

Ruler adalah batang yang digunakan untuk mengatur batasan (margin) dari sisi-sisi halaman kertas, dapat pula digunakan untuk mengatur jarak indentasi dari sebuah paragraf atau mengatur posisi peletakan sebuah objek (seperti gambar) pada halaman kertas.

Ruler dapat ditampilkan atau disembunyikan dengan mengklik menu View  Ruler. Ada dua buah ruler pada Ms. Word, yaitu vertical ruler dan horizontal ruler. Pada horizontal ruler, terdapat tiga buah alat pembatas di sisi kiri dan sebuah alat pembatas di sisi kanan.

Alat pembatas pada sisi kiri yaitu: First Line Indent (letaknya pada sisi kiri atas ruler) digunakan untuk indentasi baris pertama pada sebuah paragraf. Hanging Indent (letaknya pada sisi kiri bawah ruler) digunakan untuk indentasi baris selanjutnya dari sebuah paragraf. Left Indent (letaknya pada sisi kiri bawah ruler di bawah Hanging Indent) digunakan untuk mengatur batas kiri seluruh baris dari sebuah paragraf.

Alat pembatas pada sisi kanan yaitu: Right indent (letaknya pada sisi kanan bawah ruler) digunakan untuk mengatur batas kanan seluruh baris dari sebuah paragraf.

F. Scroll Bar

Scroll bar adalah suatu batang yang digunakan untuk mengguluang halaman kertas yang tidak tampak pada layar. Ada dua buah scrool bar, yaitu Vertical Scroll bar dan Horizontal Scroll bar.

G. Status Bar

Status bar adalah suatu batang yang mengandung informasi status atau keadaan suatu program aplikasi yang sedang dijalankan. Status bar berada di bagian bawah jendela aplikasi. Pada Ms. Word, status bar berisi informasi tentang halaman yang sedang dikerjakan, jumlah halaman, posisi kursor, seting bahasa dan sebaginya.

0 komentar:

Posting Komentar


MusicPlaylistView Profile
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More